martes, 26 de febrero de 2019

Bayi vicuña, makhluk Andes yang cantik


Bayi vicuña, makhluk Andes yang cantik


Vicuna (Vicugna vicugna) adalah spesies mamalia artiodactyl, keluarga unta dan kelompok unta Amerika Selatan yang hidup di dataran tinggi Andes, di Argentina, Bolivia, Chili, Ekuador, dan di dataran tinggi Andean Peru, sebuah negara yang Ini memiliki populasi spesies terbesar.

Varaña adalah unta terkecil, beratnya antara 40 dan 50 kg dan memiliki panjang 80 cm. Mereka liar, krem ​​atau vicuña (coklat kemerahan) pada punggung putih di zona tengah dan kaki, dengan variasi sesuai dengan wilayah geografis tempat mereka tinggal. Serat wolnya adalah yang terbaik di dunia, dengan diameter 15 mikron. Bulunya padat, dibentuk oleh serat-serat tipis yang tumbuh berdekatan, untuk melindungi hewan dari dingin, hujan, dan angin.




Laki-laki yang dominan adalah satu-satunya yang bisa kawin dengan betina dalam kawanan; namun, pemimpin sering berubah. Laki-laki tanpa pasangan, kuat dan sehat akan bertarung dengan pemimpin dominan untuk memiliki posisi itu.

Perkawinan terjadi pada bulan Maret dan April, maka kopling berlangsung 11 bulan. Biasanya hanya ada satu bayi, kadang-kadang mungkin ada 2 bayi yang baru lahir untuk setiap kelahiran. Anak sapi itu berdiri hanya 15 menit setelah lahir, mereka makan susu selama sekitar 10 bulan, tetapi mereka tetap bersama ibu sampai usia 18 bulan. Organisasi sosial vicuña ditandai oleh keberadaan kelompok keluarga, kelompok lajang dan laki-laki soliter. Dalam kelompok keluarga, satu laki-laki yang dominan memimpin sekelompok perempuan dan remaja hingga sepuluh orang. Laki-laki non-dominan menjadi soliter atau bergabung dengan kawanan besar bujangan. Mereka dewasa secara seksual dalam dua tahun.



Bayi-bayi Vicuna adalah makhluk yang cantik dan anggun, tetapi mereka harus tetap aman untuk selalu bersama ibu dan anggota kelompok lainnya. Untuk alasan yang berbeda, mereka dapat dipisahkan dari ibu atau kelompok keluarga, sehingga mereka menjadi korban predator. Kadang-kadang, mereka beruntung dan diselamatkan dan dirawat oleh orang-orang, yang kemudian harus mengembalikan mereka untuk kembali ke habitat alami mereka. Secara hukum, Anda tidak dapat memiliki vicuñas di penangkaran.






No hay comentarios:

Publicar un comentario

Nota: solo los miembros de este blog pueden publicar comentarios.